Penyebab Kanker Usus Besar dan Tips Pencegahannya

By | November 19, 2019

Kanker sampai saat ini masih menjadi momok bagi sebagian besar orang. Karena memang tidak bisa dipungkiri, jika penyakit kanker masih menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Kanker memang berpotensi menyerang siapa saja tanpa mengenal usia, jenis kelamin, dlsb. Sehingga memang perlu diwaspadai, terlebih bagi Anda yang menjalankan pola hidup kurang sehat setiap harinya. Salah satu jenis kanker yang kerap menyerang manusia adalah kanker usus besar. Kanker yang juga sering dikenal dengan nama kanker kolon atau kolorektum ini menyerang pada usus besar manusia. Gejala umum yang Nampak pada penderita ini adalah saat buang air besar (BAB) sering berdarah. Penyebab kanker usus besar itu sendiri karena terjadi perubahan atau mutasi gen pada jaringan usus besar. Namun penyebab terjadinya mutasi gen ini belum bisa diketahui secara pasti.

Meskipun penyebab mutasi gen pada jaringan usus besar belum diketahui secara pasti, namun ada penyebab lainnya yang juga diduga mampu meningkatkan resiko seseorang terkena kanker usus besar. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Faktor usia.

Faktor usia memegang peranan penting seseorang mudah terkena penyakit kanker atau tidak. Karena kanker secara umum, termasuk juga kanker usus besar lebih mudah menyerang pada orang berusia 45 tahun ke atas dibandingkan dengan orang dengan usia di bawahnya.

Riwayat keluarga.

Seseorang akan beresiko tinggi terkena kanker usus besar hingga tiga kali lipat, jika ada anggota keluarga terdekat yang juga pernah mengalami penyakit ini, seperti orang tua, saudara kandung, dan anak.

Faktor genetik.

Faktor genetik juga turut memegang peran penting seseorang bisa beresiko tinggi mengalami kanker usus besar. Penyebab turun-temurun yang bisa terjadi adalah adanya mutasi genetik yang berhubungan dengan pengembangan FAP dan HNPCC.

Etnis dan ras.

Pada orang Afrika resiko terkena kanker usus besar sekitar 40% lebih besar dibandingkan dengan orang berkulit putih. Begitu juga untuk resiko kematiannya juga mencapai 20% lebih tinggi. Sebaliknya pada orang Asia, resiko terkena penyakit ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan etnis lainnya.

Merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Merokok dan mengkonsumsi alkohol memang kurang bagus bagi kesehatan karena bisa memicu kanker, salah satunya kanker usus besar. Semakin sering merokok dan mengkonsumsi alkohol, maka resiko mengalami kanker juga akan semakin besar.

Penyakit diabetes.

Ketergantungan terhadap insulin turut menjadi pemicu berkembangnya kanker usus besar. Sehingga tidak heran jika penderita diabetes memiliki resiko besar terkena kanker usus besar.

Makanan berlemak tinggi.

Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat juga menjadi salah satu penyebab penyakit kanker usus besar. Terutama untuk konsumsi makanan dengan lemak dan kolesterol tinggi, terlebih yang berasal dari hewani. Hal ini lantaran jenis makanan demikian akan mengubah sel normal menjadi sel stem yang berpotensi menjadi tumor. Maka dari itu, mulai biasakan mengkonsumsi makanan sehat agar terhindar dari penyakit ini.

Mengkonsumsi daging merah.

Beberapa daging merah, seperti daging sapi, domba, dll mampu meningkatkan resiko kanker kolorektal. Sedangkan jika mengolahnya dengan cara menggoreng, memanggang, dan cara lainnya dengan suhu tinggi akan membentuk bahan kimia yang menjadi penyebab dari kanker usus besar.

Obesitas.

Kelebihan berat badan juga menjadi salah satu penyebab kanker usus besar yang perlu diwaspadai. Sehingga penting untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *