Mengintip Kebesaran Pura Mangkunegaran di Surakarta

By | December 19, 2019

Paket Wisata Jogja

Surakarta atau biasa disebut Solo adalah salah satu daerah yang menjadi pusat peradaban Jawa di Indonesia. Daerah ini telah ratusan tahun menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya budaya Jawa hingga sekarang. Di Surakarta terdapat 2 kerajaan Islam yaitu Keraton Surakarta Hadiningrat dan Kadipaten Praja Mangkunegaran. Kedua kerajaan tersebut masih berdiri hingga saat ini walau saat ini walau tidak memiliki kekuatan di pemerintahan seperti Keraton Yogyakarta dan Pura Pakualaman. Keduanya sekarang tetap menjadi simbol bagi warga Solo Raya dan sekitarnya.

Kadipaten Mangkunegaran merupakan pecahan dari Keraton Surakarta Hadiningrat yang dianggap terlalu dekat dengan Belanda dan tidak mampu berlaku adil. Dalam prosesnya akhirnya Keraton Surakarta pecah akibat Perjanjian Salatiga pada tahun 1757. Raja pertama dari kerajaan ini adalah Raden Mas Said yang mendapatkan gelar Mangkunegara I. Wilayahnya mencakup 49% dari Keraton Surakarta. Istana dari Mangkunegaran pun didirikan dan disebut Pura Mangkunegaran.

Sama seperti keraton lainnya, Pura Mangkunegaran dibuka untuk umum sehingga wisatawan dapat menyaksikan berbagai macam koleksi dari keraton ini. Di sini pengunjung dapat macam koleksi antara lain gamelan, senjata, lukisan raja, kereta kencana, barang pribadi keluarga, berbagai benda pemberian Belanda, patung, dan masih banyak lagi. Selain bisa melihat koleksi yang tak ternilai harganya, pengunjung bisa  bersantai di kawasan keraton dan memandangi indahnya arsitektur Jawa yang berpadu dengan sentuhan Eropa di sebuah joglo yang menjadi bagian utama dari kawasan ini.

Lokasi Pura Mangkunegaran:

Pura Mangkunegaran berlokasi di pusat kota Solo di Jl. Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Lokasinya ada di pusat Kota Solo sehingga mudah untuk mencapainya dengan menggunakan berbagai kendaraan. Bagi wisatawan yang sedang paket wisata Jogja bisa berkunjung ke objek wisata ini menggunakan bus wisata di Jogja jika datang dalam jumlah besar. 

Tiket dan Jam Buka Pura Mangkunegaran:

Objek wisata ini buka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Jam bukanya mulai pukul 08:00 hingga 15:00 WIB namun hari Kamis dan Minggu tutup pada pukul 14:30. Tiket masuk kawasan ini adalah sebesar Rp. 10.000 per orang. Untuk wisatawan asing dikenai biaya Rp. 20.000,-.

Tips Wisata Pura Mangkunegaran:

  1. Gunakan pakaian yang sopan dan nyaman saat ke kawasan ini.
  2. Pakailah alas kaki yang enak untuk berjalan.
  3. Jagalah kebersihan kawasan keraton.
  4. Sewa pemandu agar dapat mengetahui informasi mengenai keraton.
  5. Jagalah sopan santun selama berkeliling keraton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *