Cara Mudah Mendapatkan Jasa Arsitek Gratis Bagi Warga Jakarta

By | January 8, 2020

jasa arsitek gratis bagi warga dki jakarta

Sejak tahun 2016 lalu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyediakan layanan jasa arsitek gratis bagi warganya yang memiliki luas tanah di bawah 200 meter persegi. Mengingat desain arsitektur menjadi prasyarat untuk mendapatkan Izin Mendirikan Rumah (IMB), membuat Pemprov DKI Jakarta menyediakan banyak sekali tenaga ahli untuk membantu warga DKI yang hendak membangun rumah, karena ini salah satu bentuk kepedulian pemprov DKI Jakarta dalam melayani rakyatnya, khususnya di bidang desain arsitektur bagi rumah mereka.

Namun untuk menikmati layanan ini ada kriteria dan persyaratan khusus yang wajib dipenuhi bagi pihak pemohon, seperti kriteria rumah dan luas lahan pembangunannya. Menurut tim arsitek dari Konsultan Arsitek Online (www.ArsitekOnline.com) yang websitenya bisa Anda akses disini ARSITEK, syarat yang paling penting bagi mereka yang ingin menikmati layanan arsitek gratis ini adalah si pemohon haruslah benar-benar warga Jakarta yang dibuktikan dengan melampirkan KTP dan Kartu Keluarga. Lantas bagaimanakah cara mendapatkan jasa arsitek gratis bagi warga Jakarta ini? Berikut penjelasan selengkapnya dari tim Arsitek Online untuk Anda.

Tips Mendapatkan Jasa Arsitek Gratis Bagi Warga Jakarta

1. Mempersiapkan Dokumen Penting

Jika Anda warga DKI yang ingin menikmati layanan ini, siapkan beberapa dokumen/ berkas khusus, seperti KTP, NPWP, KK, sertifikat tanah lokasi rumah yang akan didesain serta bukti pembayaran PBB satu tahun terakhir. Nantinya berkas tersebut dibawa ke loket Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di tingkat Kecamatan. Apabila status lahan tersebut belum dialihkan ke nama pemohon, jangan lupa untuk menyertakan akta jual beli tanah atau akta tanah hibah dan pewaris yang resmi yang dikeluarkan oleh notaris.

cara mengurus jasa arsitek gratis

2. Mengisi Formulir Data Diri

Setelah berkas diserahkan kepada PTSP, nantinya Anda akan diberikan formulir permohonan dengan beban retribusi Rp.12.000 saja. Retribusi tersebut sesuai dengan Ketetapan Rencana Kota (KRK) yang disediakan oleh BTSP. Nantinya berkas penting yang telah dipersiapkan sebelumnya akan dilampirkan pada formulir permohonan ini untuk selanjutnya ditindak lanjuti pemerintah setempat sesuai dengan peraturan yang diberlakukan.

Perlu diingat layanan jasa arsitek gratis ini tidak berlaku untuk umum lho ya…, hanya warga DKI yang memiliki tanah di perkampungan maupun lahan kosong saja. Apabila luas tanah tersebut melebihi 200 meter persegi maka akan dinyatakan tak bisa menikmati layanan ini. Pasalnya syarat serta kriteria yang ditentukan pemerintah hanya berlaku bagi warga DKI yang memiliki tanah di bawah 200 meter persegi dan berlokasi di perkampungan atau lahan kosong saja. Bila diluar kriteria yang telah ditetapkan itu, besar kemungkinan pengajuan untuk mendapatkan desain rumah gratis dari arsitek akan ditolak. Kenapa? Karena biasanya pemilik lahan diatas 200 meter persegi tidak lagi tergolong warga kurang mampu yang tidak sanggup membayar jasa arsitek. Apalagi kalau lokasi tanahnya tidak berada di perkampungan dan berada di tengah kota, tentu tidak wajar untuk mendapatkan pelayanan jasa arsitek gratis.

jasa arsitek gratis

Semoga Jasa arsitek gratis bagi warga DKI Jakarta dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam menghadirkan desain rumah yang nyaman dan asri

Nah, Itulah langkah mendapatkan jasa arsitek gratis bagi warga DKI yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang kebetulan memiliki lahan dibawah 200 meter dan berlokasi di daerah perkampungan di wilayah DKI Jakarta, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *