4 Cara Cek IMEI Samsung Untuk Semua Tipe

By | October 11, 2019

Cara Cek IMEI Samsung – Sebelum kita masuk ke dalam pokok pembahasan terkait bagaimana sih cara cek IMEI Samsung. Sebaiknya Kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian IMEI itu sebenarnya apa. IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah kode unik yang fungsinya sebagai identitas dari perangkat HP yang sudah diakui secara internasional. Pada umumnya, semua HP di seluruh dunia secara global mempunyai kode unik yang tidak akan pernah sama dengan yang lainnya.

Selain itu juga, kode IMEI mempunyai fungsi untuk dapat mengidentifikasi jaringan seperti GSM, CDMA, dan lainnya. Dari sinilah terlihat bahwa IMEI sangat penting bagi setiap HP, karena bila HP Kamu hilang kode IMEI-nya dan karena kerusakan atau tidak terdeteksi, akan menyebabkan HP Kamu tidak akan bisa membaca sinyal. Waduh, bahaya juga ya!

Sama halnya dengan merek HP lainnya. HP Samsung juga memiliki kode IMEI unik yang telah melekat pada setiap HP Samsung. Setiap HP memiliki 1 kode unik IMEI, kecuali untuk HP yang Dual SIM akan memiliki 2 kode unik IMEI.

Nomor IMEI pada HP Samsung selain berfungsi untuk mengidentifikasi jaringan, juga dapat Kamu gunakan untuk berbagai keperluan lainnya. Contohnya untuk mengecek HP Samsung asli atau tidak, melacak HP Samsung yang hilang, dan hal lain sebagainya.

Maka dari itu, Kamu wajib mengetahui kode unik pada HP Samsung Kamu. Dan untuk segera mengeceknya, Kamu juga boleh mencoba dari beberapa cara yang akan Nirvanaharapan jelaskan melalui postingan artikel kali ini..

Cara Cek IMEI Samsung Untuk Semua Tipe

1. Cek IMEI Samsung Menggunakan Kode Dial

Cara cek IMEI samsung yang pertama adalah dengan menggunakan kode dial. Tidak banyak orang yang mengetahui cara ini, karena pada umumnya cek IMEI Samsung dilakukan secara manual dengan melihatnya dari body HP Samsung.

Kamu hanya cukup tekan *#06# pada dial pad. Lalu tekan tombol Call atau Panggil (caranya sama halnya seperti Kamu melakukan pengecekan pulsa, mudah bukan?). Hanya beberapa detik saja, kode IMEI akan tampil di HP Samsung Kamu. Cara ini boleh dipakai untuk semua tipe HP Samsung, karena situs resminya juga merekomendasikan dengan cara seperti ini.

Saya juga sudah melakukan beberapa tes di beberapa HP. Ternyata cara cek IMEI ini dapat digunakan di beberapa HP/ Smartphone. Seperti Hp Asus, Xiaomi, dan lainnya.

2. Cek IMEI Samsung Melalui Menu Pengaturan

Untuk beberapa merek HP, juga menyediakan informasi IMEI di menu pengaturan. Salah satunya yaitu HP Samsung. Jadi Kamu tidak perlu lagi bingung untuk mengecek IMEI Samsung, karena Kamu boleh melihatnya pada menu pengaturan. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Di menu aplikasi, cari menu pengaturan / setting.
  2. Kemudian Kamu cari Tentang Ponsel / Tentang Perangkat / About Phone
  3. Silahkan Kamu cari kode IMEI-nya.

Cara mengecek IMEI Samsung dari menu pengaturan juga sangat direkomendasikan. Jadi sangat mudah bukan?

3. Cek IMEI Samsung Melalui Body HP

Mengecek IMEI HP Samsung ternyata juga bisa Kamu lakukan melalui body HP. Langkah pertama Kamu buka dulu casing pada belakang. Biasanya informasi mengenai IMEI HP Samsung sudah melekat pada baterai. Setelah itu, Kamu boleh catat kode IMEI-nya.

Cara cek IMEI ini sangat cocok bagi Kamu yang mau membeli HP Samsung bekas. Tentunya harus dikombinasikan dengan cara yang pertama dan kedua ya.

4. Cek IMEI Samsung Menggunakan Kotak Dus Book

Ketika Kamu membeli HP Samsung baru, tentunya Kamu akan mendapatkan kotak dus book yang didalamnya berisi buku petunjuk penggunaan, charger, dan lain sebagainya.

Nah, di kotak dus book tersebut terdapat juga informasi penting yang harus Kamu ketahui. Salah satunya yaitu kode IMEI yang terletak pada kotak dus book tersebut. Silahkan Kamu cari kotak dus book HP Kamu kemudian cari kode IMEI-nya di dalam kotak tersebut.

Sama halnya seperti cara yang ketiga, cek IMEI HP Samsung menggunakan kotak dusbook ini juga sangat bermanfaat bagi Kamu yang mau membeli HP Samsung bekas/ second. Terlebih lagi bila Kamu kombinasikan dengan mengecek IMEI Samsung pada nomor 1, 2 dan 3.

Manfaat Mengetahui Kode IMEI Samsung

Ternyata cek IMEI HP Samsung sangat mudah bukan? Dikutip melalui situs resmi Samsung, yang menyatakan bahwa kode IMEI digunakan ketika HP Kamu hilang atau HP Kamu telah di curi.

Jika Kamu ingat kode IMEI-nya, Kamu boleh melaporkan kehilangannya ke Contact Center atau Service Center untuk mengetahui riwayat perbaikan unit dengan IMEI tersebut yang berikutnya Kamu akan dibantu untuk menginformasikan data pengguna setelah HP Kamu hilang yang berdasarkan dari sistem Service Center Samsung.

Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Sebaiknya Kamu segera mungkin untuk mencatat dan menyimpan kode IMEI ponsel Samsung kesayangan Kamu.

Cara Cek Keaslian HP Samsung Menggunakan IMEI

Ini merupakan informasi tambahan saja buat Kamu mengenai bagaimana cara cek keaslian HP Samsung Kamu dengan menggunakan kode IMEI. Berikut langkah-langkahnya!

  1. Kamu buka situs info> lalu masukkan kode IMEI HP Samsung Kamu > kemudian centang verifikasi robot > klik check > tunggu hingga prosesnya selesai.
  2. Setelah prosesnya selesai, maka akan muncul informasi tipe HP yang sesuai dengan nomor IMEI yang Kamu masukkan tadi. Bila HP Kamu Samsung, maka informasi yang keluar juga merek Samsung beserta dengan tipenya.
  3. Untuk merek HP lainnya juga bisa menggunakan situs ini. Silahkan dicoba ya sobat.

Itulah beberapa cara cek IMEI Samsung yang paling mudah dan yang sangat direkomendasikan untuk Kamu. Sebenarnya masih ada lagi cara lain untuk bisa cek IMEI Samsung, tetapi caranya cukup terbilang ribet yaitu dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Jadi Kamu wajib mendownloadnya terlebih dahulu. Lumayan ribet bukan? Jadi saya hanya rekomendasikan ke-4 cara di atas. Semoga bermanfaat dan terima kasih!

Penulis: Nirvanaharapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *